CCTV (Closed Circuit Television) adalah kamera yang mengirimkan sinyal video ke sebuah layar monitor sebuah laptop atau komputer. CCTV gunanya untuk memantau keadaan dalam suatu tempat atau ruangan yang masuk ke dalam frame, biasanya digunakan perihal keamanan atau pengawasan, jadi apabila terjadi hal-hal kriminal maka akan terekam kamera tersebut yang nantinya bisa dijadikan sebagai bukti untuk dilaporkan. CCTV juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya, seperti dipasang di taman rumah untuk mengawasi apabila ada hewan ternak tetangga lo yang lepas lalu merusak taman rumah lo 😃

Langsung ke : Video Tutorial Pembuatan

      Tapi lo tau gak sih, harga CCTV itu masih relatih mahal. Biasanya sekitar 300 keatas, ada juga sih yang murah tapi hasil kameranya bakalan kalah jauh sama hasil kamera usb / kamera webcam walaupun harganya sama. Nah, jadi sekarang gue mau berbagi cara bikin kamera pengintai, kamera pengawas, kamera anti maling, kamera buat jaga rumah, pokonya kamera yang fungsinya sama kaya CCTV tapi dengan modal yang jauh lebih murah dan kreatif pastinya hehe.

Sebenernya gue bikin kamera CCTV dari kamera USB ini awalnya karena ada kerja proyek saat di SMK, gue satu kelompok disuruh bikin CCTV dengan 4 kamera buat dipasang di sudut ruang bengkel sekolah gue tapi modalnya jangan lebih dari 100 ribu. Disitu kami dipaksa mikir keras, gak keras amat sih kan sekarang udah banyak Mbah, ada mbah gugel, mbah yahu, mbah mbing, dan sejenisnya 😂

Download Softwarenya disini
 : 
Webcam7

Singkat cerita, gua udah fixed semua masalah yang muncul dari tugas ini dan mendapat gagasan diantaranya seperti berikut :

  1. Kamera CCTV (Mahal) jadi diganti sama kamera USB atau sering disebut Webcam (Murah) tapi hasilnya harus bisa bersaing.
  2. CCTV biasanya pake wifi (Nirkabel) jadi diganti sama Webcam berarti harus pake kabel dan ini sudah pasti bakal lebih murah dan lebih bagus jaringannya.
  3. 4 kamera tapi jangan ngeluarin uang lebih dari 100 ribu? untungnya kita punya teman yang bisa diajak kerjasama hehe.. lo pasti ngerti maksud gue minjem 😂 .
  4. Gimananya cara manjangin kabel webcamnya kan ruangannya gak selalu kecil, dan ruangannya butuh sekitar 10m dari sudut dimana kamera dipasang ke tempat laptop. Akhirnya nemu juga di gugel, gampang ternyata cara panjangin kabel webcam tuh.
Sebenarnya masih banyak permasalahan lainnya mulai dari awal sampe pengujian, tapi itu aja dulu karena 4 poin tersebut adalah masalah yang paling umum.

Btw, langsung aja menuju ke cara pembuatannya dan apa saja yang perlu disiapkan? berikut kutipannya.

Cara Pembuatan CCTV Murah Meriah



  1. Pertama, lo harus siapin dulu alat dan bahannya ya. berikut alat dan bahannya :

         1) Kamera USB atau Webcam
    Kamera ini fungsinya untuk menggantikan kamera CCTV yang harganya mahal, carilah kamera usb yang pastinya berkabel bukan nirkabel alias tanpa kabel.

         2) USB Extension Port Male & Female
    Kabel USB Extension adalah kabel USB yang panjangnya variatif, ada yang 1, 2, 5, atau 10 meter. Beli saja yang paling pendek dan pastikan portnya berjenis yang satu adalah male (cowok), dan ujung kedua adalah female (cewek) sehingga port satu (male) bisa dicolokkan ke port dua (female). Jangan ngeres!

         3) Kabel UTP atau kabel LAN
    Kabel UTP atau kabel LAN yang biasanya buat dipake kabel internet seperti di warnet atau di rumah lo. beli saja sesuai kemauan lo, gak usah 1 roll / dus beli saja per meter = 12 meter x4.

         4) USB HUB atau USB Terminal
    USB HUB fungsinya buat tempat nyolok webcamnya karena port USB di laptop biasanya paling banyak ada 3 jadi belilah USB HUB yang portnya lebih dari 3 sesuai jumlah kamera yang akan dipasang.

         5) Komputer atau Laptop Spek Mumpuni
    Gue pernah nyoba di laptop temen, speknya kurang joss terus hasil kameranya jadi ngadat. sebenarnya ini bukan karena laptopnya, tetapi karena softwarenya. Mengenai software, akan dibahas di poin terakhir. Jadi sebaiknya lo siapin laptop yang speknya sedeng ke atas.

         6) Solder dan Timah atau Tinol
    Kalau urusan listrik dan jaringan, sudah pasti ada dua benda ini apalagi disini kita bakalan nyambungin kabel, yaitu kabel LAN yang dimodifikasi menjadi kabel USB.

         7) Gunting atau Pemotong Kabel
    Buat motong kabel biar lebih mudah beli alat khusus pemotongnya, kalo mau hemat yaudah pake gunting aja.

         8) Korek Api
    Buat bakar kulit kabel karena kabelnya harus dikupas saat akan disambungin.

         9) Lakban
    Buat ngebungkus sambungan kabel ya biar gak nyetrum.

         10) Software atau Aplikasi Pendukung
    Software pendukung inilah yang paling berpengaruh, disini gue pake Software Webcam7, Kelebihannya adalah fiturnya sangat lengkap dan gue pake ini karena gue belum pernah nemu lagi software lainnya buat ngedukung proyek ini apabila kamera yang akan dipasangnya memang banyak. Tapi kalo kamera yang dipasangnya hanya 1 atau 2, banyak software lain yang sangat baik search aja di gugel. Kekurangannya adalah software ini sangat berat saat dijalankan, oleh karenanya kita harus pake laptop dengan spek yang kuat kalo lemah ya lag yang ada.
    Download Softwarenya disini : Webcam7


  2. Kedua, kita menuju proses pembuatannya. Untuk lebih jelas, gue udah bikin video cara pembuatannya full peralatan yang dibutuhkan dan cara pembuatan dengan jelas, singkat juga padat, jadi lo tinggal ikutin aja sama persis ntar juga ngerti inti dari semuanya (kalo anak TKJ pasti ngerti dong) 😃



Jangan lupa like & subscribe ya, komen aja kalo ada yang gak ngerti atau ada pertanyaan lainnya, terimakasih.
Download Softwarenya disini : Webcam7

11 comments:

Anonymous said...

gan klo 2kamera ok tapi tambah 1camera kok error

Admin said...

Hal tersebut bisa jadi karena beberapa hal, diantaranya :
- Belum disetting untuk 2 kamera
- Kamera bermasalah
- Spek PC tidak kuat untuk 2 kamera atau lebih
- Software corrupt

Unknown said...

Jenis webcam nya apa?

Unknown said...

Jenis webcamnya apa?

Buya Millenial said...

bsa terhubung jarak jauh ?

Eko Design said...

Password nya gan?

Eko Design said...

Password RAR nya apa ya gan?

kresekan said...

ka pass rarnya bagi dunk :(

Diyas said...

gan paswordnya apa ??

HENDRI said...

Spek komputer nya dong mas.. minim processor n ram brp?

HENDRI said...

Spek komputer minim RAM brp? Processor nya apa?