Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

    UN 2017 sudah dilaksanakan beberapa minggu yang lalu, pertama saya ucapkan selamat kepada teman-teman seangkatan saya yang kemarin sudah lulus UN.
Tamat sudah riwayat menjadi pelajar. Sedih rasanya meninggalkan suasana disana, di kelas itu, bukan sekolahnya ataupun ruangannya, melainkan orang-orang tersebut lah yang membuat hati ini merindu  hehe 😴

Tiga tahun belajar, apa hanya aku yang merasa cepet banget? 😢
Sekolah di Indonesia itu wajib dilaksanakan selama 12 tahun, yaitu SD (Sekolah Dasar) 6 tahun, SMP (Sekolah Menengah Pertama) 3 tahun, dan SMA (Sekolah Menengah Atas) 3 tahun.

Saat masih SMA kelas 3, kamu pasti punya beberapa keinginan yang mungkin agak mirip-mirip lah sama keinginan aku, diantaranya :

1. Lulus, sudah pasti lah ingin lulus emangnya mau jadi siswa kerupuk bantat?



2. Perpisahan, kemarin aku punya keinginan pas perpisahan temen gue kumpul dan hadir semua buat kenangan indah selama 3 tahun belajar bareng mereka, dan akhirnya tercapai juga walaupun ada juga sih yang gak dateng. Perpisahan ini adalah ajang untuk melepas kebahagiaan dan mencurahkan hasrat lulus sekolah, anak SMK sudah pasti corat-coret dong karena hal tsb. adalah budaya turun-temurun ya hehe. Btw gue juga kemarin anak SMK 😋


3. Wisuda, kamu tahu gak rasanya kelulusan tanpa wisuda? bukan anak kuliah aja yang pengen wisuda. Kalo anak SMA/SMK sederajat gak wisudaan, rasanya itu kaya ngemut permen karet yang udah gak manis lagi. Wisuda itu momen yang pas buat segala hal yang berbau perubahan, misalnya cara kamu berpakaian, buat cowok pakai jas & pakai dasi, ceweknya pakai kebaya dan dandan setebal-tebalnya, udah kaya bos mafia sama pribumi kembang desa saja terus pangling banget soalnya biasanya sedal-sedul pake putih-abu  ✌ Di acara wisuda ini juga kamu punya kesempatan yang bagus banget buat nembak gebetan, siap-siap saja kalo cinta kamu diterima maka harus berlatih buat LDR-an, kecuali langsung nikah terus serumah 💀



4. Dapet Nilai Bagus, ini dia keinginan yang saya paling idam-idamkan saat sebelum dan sesudah UN kemarin. Selain bisa lulus, punya nilai tinggi juga harapan hampir semua pelajar nusantara dong. Mendapatkan nilai tertinggi di kelas atau di sekolah merupakan kebanggaan orangtua, oleh karena itu adik-adikku sekalian, jangan lupa membahagiakan orangtua kalian ya 😁 Jangan pacar mulu yang dibahagiain.





5. Refreshing, setelah lulus dengan nilai yang tinggi kamu pasti ingin melepas penat belajar selama 3 tahun dan refreshing or hangout adalah hal yang patut kamu lakuin saat masa-masa liburan.





6. Mendapatkan Pekerjaan atau Masuk Perguruan Tinggi  Favorit, sudah pasti kedua hal tersebut menjadi keinginan yang sangat besar pengaruhnya kecuali siswa siswi fresh graduate yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Mendapatkan pekerjaan dengan pekerjaan yang mudah, ringan, gaji besar, dan sebagainya atau masuk perguruan tinggi favorit menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi lulusan SMA yang mayoritas ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi dan lulusan SMK yang mayoritas ingin mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri dari usia muda. Ada juga yang berputar haluan, misalnya lulusan SMA yang ingin bekerja dan tidak ingin melanjutkan studinya. Hal tersebut tidak sedikit kok yang terjadi, banyak juga lulusan SMA sekarang sudah kerja meskipun untuk mendapatkan pekerjaan itu tidak semudah lulusan SMK. Begitu juga sebaliknya, tak jarang lulusan SMK ingin melanjutkan studinya.


Bersyukurlah atas segala hal yang telah diterima, seburuk apapun itu. Karena yang kamu dapatkan adalah apa yang dulu kamu usahakan kecuali karena takdir.

No comments: