Sebelum belajar HTML, kamu yang belum tahu apa itu HTML maka harus tahu dulu pengertian HTML ini, dan beberapa istilah serta ilmu tersembunyi dari HTML ini sebelum mulai ke belajar coding atau pengkodean.

A. Apa Itu HTML?

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu sejenis pengkodean, aturan, pembatas atau tanda pada sebuah dokumen khusus, dimana dokumen tersebut menggunakan ekstensi HTML yang biasanya dapat dilihat baik dan tersusun rapi melalui web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dll sedangkan berantakan dan berisi kode-kode berbahasa inggris apabila dibuka menggunakan software pengolah kata atau dokumen seperti Notepad, Microsoft Office Word, dan sebagainya.

Membuat HTML di Notepad
Dokumen HTML merupakan file teks yang murni dan dapat dibuat menggunakan editor pengolah kata apa saja, contohnya menggunakan Notepad pada OS Windows. Dokumen HTML dikenal sebagai web page (halaman web) yang disajikan pada web browser, biasanya berisi informas dan pengaturan tampilan (interface) dokumen dalam internet, contohnya pada blog ini terdapat judul dengan ukuran huruf yang lebih besar dan tebal dibanding ukuran huruf isi artikel.

B. Ada Apa Saja Dalam HTML Itu?

Seacara umum, dokumen HTML itu didalamnya disusun oleh 3 bagian, yaitu sebagai berikut :

1. Elemen

Elemen adalah istilah atau sebutan bagi komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Elemen yang biasanya harus ada pada sebuah dokumen HTML adalah "head" dan "body" atau judul dan isi. Elemen lainnya yang mungkin familiar dengan pemula adalah table, paragraph, list, font, dll.

2. Tag

Tag atau penanda, digunakan untuk menandai berbagai elemen yang ada dalam dokumen HTML sama halnya pada sosial media seperti facebook atau instagram dimana kamu men-tag atau menandai sebuah foto ke teman-temanmu agar mudah untuk mengetahui siapa saja yang ada dalam foto yang kamu unggah tersebut.

Namun kamu harus tahu bahwa tag di HTML ini berbeda dengan tag di sosial media, karena cara memberi tag pada elemen di HTML ini adalah menggunakan tanda sudut lancip " < " atau " > ".

Tag " < " artinya awal sebuah elemen dan elemen tersebut pasti diakhiri dengan tanda sudut sebaliknya " > ". Kemudian tag tersebut harus diakhiri dengan tag pasangannya dengan tambahan tanda garis miring " / " setelah sudut lancip pertama " < ". Kalo kamu masih bingung, coba lihat penjelasan dibawah ini.

Kode Penulisan Tag
Suatu elemen dalam dokumen HTML dinyatakan dengan tag-nya seperti tulisan diatas

Contohnya apabila menggunakan elemen "head", maka tulisan tag-nya adalah seperti ini :
Contoh Tag 1

Jika elemen "body", maka tulisan tag-nya adalah seperti ini :
Contoh Tag 2

Kesimpulannya adalah setiap tag pasti selalu berpasangan yaitu < > berpasangan dengan < / >. Namun ada juga elemen yang tagnya tidak dituliskan berpasangan, elemen tersebut diantaranya  adalah :

1) Paragraf atau paragraph = p
2) Baris baru atau line break = br
3) Garis datar atau horizontal rule = hr
4) Daftar barang atau list item = li

3. Atribut

Setiap elemen memiliki tag, dan setiap tag dapat memiliki atribut. Atribut pada suatu tag berfungsi untuk menyatakan sesuatu tentang tag tersebut. Atribut ini digunakan untuk mengubah format bawaan dokumen HTML dengan tag terkait. Singkatnya, atribut adalah kode penjelas dan pengatur format bagi sebuah tag.

Contoh adalah seperti ini :
Tag Tanpa Atribut 1
⬅ Tanpa atribut
Tag Dengan Atribut 1
⬅ Dengan atribut
" bgcolor " adalah atributnya,
" black " adalah rincian atributnya.


Tag Tanpa Atribut 2
⬅ Tanpa atribut
Tag Dengan Atribut 2
⬅ Dengan atribut
" border " adalah atributnya,
" 3 " adalah rincian atributnya.


Tag Tanpa Atribut 3
⬅ Tanpa atribut
Tag Dengan Atribut 3
 ⬅ Dengan atribut
" name " adalah atributnya,
" no1" adalah rincian atributnya.

Itulah contoh dari atribut tag. Setiap atribut tag akan berbeda-beda, tergantung tag apa yang digunakannya contohnya seperti 3 tag diatas, kamu lihat kan atributnya tidak ada yang sama?

 ---&--- 

Oke, sekian artikel tentang HTML yang dapat saya bagikan. Bagi kamu yang ingin belajar HTML, tapi masih bingung dan belum mengerti, kamu bisa mencari materi atau pengetahuan lain dari sumber lainnya atau bisa bertanya kepada kami melalui kolom komentar dibawah atau melalui email penulis.

Setelah kamu mengerti tentang HTML, kamu bisa klik gambar dibawah ini untuk menuju ke halaman selanjutnya dan mulai belajar HTML dari yang paling awal atau yang paling dasar.

Terimakasih telah membaca artikel diatas, semoga bermanfaat bagi kawan semua 😄

Mulai Belajar HTML

2 comments:

Anonymous said...

Mantab coeg

Skinet Indonesia said...

Nice Blog gan...!!!

Oh'ya informasi bagi temen2 yg mau kursus pemrogramman supaya ahli, dan gak amatiran bisa langsung pada ahlinya kawan2. Aku sudah membuktikannya,, Langsung aja kunjungi SKINET INDONESIA. Tentornya dari kalangan praktisi, dan akademisi.

Kursus Komputer
Sekolah Komputer
Les Komputer
Kursus Komputer
Belajar Komputer

Bisa kursus Online juga lho..