Hernia, atau dikenal dengan turun berok (burut), adalah penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat atau menonjol melalui jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah dan tipis. Hernia biasanya terjadi pada laki-laki, mulai remaja hingga dewasa, bahkan balita dan anak-anak juga bisa mengalami penyakit ini.


Adapun penyebab penyakit hernia diantaranya :

1. Sembelit

Susah buang air besar dalam ilmu kedokterannya adalah Konstipasi, dimana ketika sembelit kita akan dipaksa mengejan terus menerus bahkan dengan sekuat tenaga untuk mengeluarkan kotoran. Mengejan inilah yang membuat hernia datang menghampiri. Apabila sembelit, disarankan memakan buah pepaya dan memperbanyak minum air putih atau bisa menggunakan obat-obatan untuk memperlancar BAB.


2. Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban berat hampir sama seperti mengejan, hal ini akan mempermudah datangnya penyakit hernia. Apabila kamu suka mengangkat beban berat atau pekerja berat, sebaiknya gunakan korset atau celana antihernia atau beubeur.


3. Olahraga Berat

Olahraga memang nomor 1 mengenai kesehatan, tapi ada beberapa olahraga yang bisa menjadi penyebab turun bero alias hernia. Olahraga yang paling sering menyebabkan penyakit hernia adalah olahraga Gym atau angkat-angkat berat yang begitu lah angkat barbel dll, kemudian olahraga renang, sepakbola, tenis lantai, lari juga bisa menyebabkan hernia apabila terlalu keras atau terlalu berat, dan olahraga berat lainnya bisa menyebabkan hernia. Karena olahraga itu merupakan keharusan demi menjaga kesehatan tubuh kita, disarankan untuk melakukan olahraga dengan benar, teratur, dan menggunakan antihernia saat melakukan olahraga. Lakukan juga olahraga yoga sebelum dan sesudah melakukan olahraga utama kamu.


4. Batuk

Batuk juga bisa menyebabkan hernia loh, terutama bagi yang batuknya keras dan kering sehingga membuat isi tubuh melunjak ke atas. Bahkan batuk yang tak kunjung sembuh membuat hernia semakin dekat saja.


5. Bersin

Bersin memang nikmat yang harus disyukuri, karena selain mengeluarkan kuman dan bakteri, bersin juga membuat pernapasan kita lebih segar dan plong. Namun apabila sedang pilek atau flu, dan "bersin" pun berubah menjadi "bersin-bersin", lantas apakah ini berbahaya? ya, karena keseringan bersin juga dapat menyebabkan hernia sebab saat bersin tubuh kita tertekan sama halnya seperti batuk atau mengejan.


6. Berat Badan Mendadak Naik

Apabila berat badan kamu tiba-tiba naik, karena kamu kurang olahraga atau karena terlalu banyak makan sehingga badanmu gemuk mendadak, maka waspadalah karena hernia bisa muncul saat itu juga. Oleh karena itu, jaga selalu berat badan kamu agar normal terus dengan mengatur asupan makanan dan gaya hidupmu sehingga terhindar dari turun bero.


7. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Selain berat badan naik tiba-tiba, obesitas jauh lebih beresiko terkena penyakit hernia. Pasalnya, dengan berat badan yang sangat gemuk akan membuat penekanan lebih terhadap jaringan otot atau jaringan disekitar bawah perut sehingga mempermudah terkena penyakit hernia.


8. Masturbasi Terlalu Sering

Onani atau masturbasi terlalu sering secara langsung memang tidak menyebabkan hernia, namun karena kebiasaan buruk onani tersebutlah sehingga menimbulkan hernia. Contohnya ketika melakukan onani kamu mencoba gaya yang aneh-aneh sehingga mengharuskan kamu mengejan atau menahan tekanan pada tubuh dengan sangat keras sehingga memicu penyakit hernia.


9. Hamil dan Melahirkan

Saat hamil, wanita beresika terkena hernia, bahkan setelah melahirkan juga bisa terkena hernia karena mengejan keras sewaktu melahirkan. Kalo di kampung saya, ibu-ibu yang sudah melahirkan biasanya memakai korset atau kain lembut yang diikat dengan sedikit kencang pada bagian perut bawah atau sekitar bawah pusar (beubeur) untuk menghindari penyakit hernia ini.


10. Penumpukan Cairan di Rongga Perut

Penumpukan cairan di dalam abdomen atau rongga perut biasanya dikarenakan oleh penyakit menahun pada hati.


11. Turunan

Seseorang yang punya turunan seperti ayah atau paman yang terkena penyakit hernia atau pernah merasakan hernia, pada beberapa kasus terkena hernia juga.


12. Sering Naik Kendaraan

Sering naik motor atau mobil, dengan jarak yang jauh, perjalanan yang lama, dengan jalanan yang terjal dan nanjak, kemungkinan mendapati penyakit hernia setelah berhenti berkendara atau beristirahat beberapa hari. Entah karena apa, banyak yang mengeluh turun bero setelah touring berboncengan dan kebanyakan karena motornya moge atau memiliki tangki besar didepan perut seperti Ninja, Vixion, CBR dll. Mungkin ini karena tekanan pada perut saat mengerem dan dorongan dari yang dibonceng sehingga kemaluan menghantam tangki motor atau bisa jadi karena getaran yang dihasilkan pada motor. Sudah banyak kasus dan mengeluh hernia setelah berkendara. Ada baiknya kamu banyakin istirahat saat jarak jauh, menggunakan celana yang empuk dan nyaman juga tidak terlalu ketat.


13. Salah Urut

Nah, yang satu ini juga harus waspada ya. Apabila kamu suka diurut, mungkin saat kamu keseleo, kacetit, pegal-pegal dan kamu memanggil tukang urut, pangillah tukang urut yang berpengalaman. Karena ada kejadian, seseorang setelah diurut dia merasakan mual dan perut bawah terasa keras dan ternyata ia mengalami hernia. Hal ini disebabkan karena kesalahan saat diurut pada bagian perut orang tersebut sehingga orang tersebut harus mengejan keras dan organ dalam tubuhnya terdorong ke bawah sehingga menimbulkan hernia. Memang hal ini jarang terjadi, namun ada baiknya saya mengingatkan kepada kalian semua agar selalu hati-hati.

No comments: