Riksa Budaya Sunda (RBS) tahun ini dikabarkan akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Isu yang telah beredar adalah mengenai konsep acara, yaitu akan ada penampilan-penampilan spesial yang tentunya masih dirahasiakan.

Dilatarbelakangi oleh kepedulian mahasiswa dari jurusan Bahasa dan Sastra Sunda UPI akan perkembangan zaman dan perubahan nilai-nilai kebudayaan daerah yang semakin terkikis, oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah UPI (Hima Pensatrada) menggelar acara / kegiatan perlombaan di tingkat provinsi dengan nama RBS, Riksa Budaya Sunda 2018. Yang menjadi permasalahan utama yaitu penggunaan bahasa Sunda yang sudah sangat jarang menemukan orang Sunda, khususnya remaja (kids zaman now) yang bisa menggunakan bahasa Indung-nya dengan baik dan benar. Dari kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Jawa Barat untuk melestarikan budaya Sunda, menggunakan kembali bahasa Sunda pada kehidupan sehari-hari tanpa melupakan bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia. Sesuai dengan peribahasa orang Sunda, yaitu "Ngindung ka waktu, ngabapa ka jaman" yang artinya hidup mengikuti perkembangan zaman, namun tidak melupakan budaya sendiri dan selalu menjaga eksistensi budaya tersebut berdampingan dengan perubahan yang terjadi.

Adapun lomba yang diadakan hampir sama dengan tahun sebelumnya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Pasanggiri Maca Sajak Sunda (Tingkat SMP & SMA)
  2. Pasanggiri Dongeng (Tingkat SMP & SMA)
  3. Pasanggiri Tembang (Tingkat SMP & SMA)
  4. Pasanggiri Cerdas Cermat Basa Sunda (Tingkat SMP)
  5. Pasanggiri Aksara Sunda (Tingkat SMA)
  6. Pasanggiri Presenter Basa Sunda (Tingkat SMA)
  7. Pasanggiri Debat (Tingkat SMA)
  8. Pasanggiri Nulis Karya Populer (Umum)
Acara lainnya yang turut memeriahkan Riksa Budaya Sunda 2018 yaitu Festival Kadaharan Sunda (Festival Makanan Sunda), pameran, bazar dan pertunjukan seni. Mengenai waktu dan tempat kegiatan, RBS 2018 akan dilaksanakan sekitar tanggal 19 - 22 Feruari mendatang. Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 januari, dan akan ditutup pada 11 Februari. Tempat pendaftaran, bisa datang langsung ke Sekrétariat Hima Pensatrada di Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Gd. FPBS UPI Lt.2, Bandung atau melalui email : himapendsatrada@gmail.com.

Sumber Informasi : RBS 2018

No comments: