RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN :
SMP NEGERI 3 LEMBANG
MATA PELAJARAN :
Bahasa
Sunda
KELAS /SEMESTER : VIII/Ganjil
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
POKOK BAHASAN/ TEMA :
Carita pondok
WAKTU :
2
x 40 Menit
Jam Pelajaran (1 Pertemuan)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah Kegiatan Belajar Mengajar Siswa dapat: Mengidentifikasi
unsur intrinsik carpon (tema, palaku, alur, setting, amanat).
|
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan - Melalui
media Youtube, pembelajaran dimulai dalam tayangan video pembelajaran yang
diawali dengan memberi salam, memberi motivasi, menanyakan kabar,
mengingatkan tentang menjaga imunitas dan menerapkan protokol kesehatan;
- Mengingatkan kebersihan
di lingkungan sekitar tempat belajar siswa agar nyaman
dan mendukung suasana belajar;
- Mengingatkan
siswa untuk mengisi daftar hadir melalui link Google Form;
- Guru
mengajak berdoa bersama.
Kegiatan Inti - Siswa membaca teks
carpon yang sudah dibagikan di grup Whatsapp atau di deskripsi video
pembelajaran;
- Guru dan siswa
bersama-sama mengidentifikasi unsur intrinsik carpon “Runtah”;
- Guru memberikan tugas
melalui Google Classroom kepada siswa untuk mengidentifikasi unsur intrinsik
carpon “Taraweh”.
Kegiatan Penutup - Setelah menyimak
video pembelajaran, siswa diharapkan memeriksa kembali
kebersihan di lingkungan sekitar dan selalu menerapkan protokol kesehatan;
- Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa
bersama;
- Setelah selesai
pembelajaran siswa dapat mengemukakan hasil belajar dengan mengirimkan tugas
pada batas waktu yang ditentukan.
|
C.
PENILAIAN
- Penilaian sikap:
penilaian diri;
- Penilaian pengetahuan:
teknik penilaian tertulis (GC);
- Penilaian
keterampilan: produk mengidentifikasi unsur intrinsik.
|
Note:
*KBM saat itu dilakukan secara daring dikarenakan isu Covid-19 yang mengharuskan sekolah ditutup sementara.
*Contoh RPP diatas menerapkan beberapa media pembelajaran, seperti video pembelejaran carita pondok yang diunggah melalui Youtube, Google Form sebagai sarana mengisi daftar kehadiran siswa, dan Whatsapp sebagai ruang untuk diskusi dan saling bertukar pendapat.
*Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar pada kenyataannya tidak harus benar-benar hanya satu lembar, hal ini tergantung dari pihak sekolah juga apakah ada aturan yang sangat rigid maka semuanya harus berjalan secara perfeksionis. Sisanya dikembalikan kepada masing-masing guru untuk menentukan dan merancang perencaan dengan ringkas, padat, dan jelas.
*Perbedaan daerah atau lokasi sekolah serta zona yang dialami termasuk salah satu faktor penentu bagaimana penerapan RPP apakah sistemnya daring atau luring, pembelajaran jarak jarak atau pembelajaran dalam kelas seperti biasa.
No comments:
Post a Comment