RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

SATUAN PENDIDIKAN         : SMP NEGERI 3 LEMBANG

MATA PELAJARAN               : Bahasa Sunda

KELAS /SEMESTER                : VIII/Ganjil

TAHUN PELAJARAN             : 2020/2021

POKOK BAHASAN/ TEMA    : Carita pondok

WAKTU                                  : 2 x 40 Menit Jam Pelajaran (1 Pertemuan)

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah Kegiatan Belajar Mengajar Siswa dapat:

Mengidentifikasi unsur intrinsik carpon (tema, palaku, alur, setting, amanat).

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

  1. Melalui media Youtube, pembelajaran dimulai dalam tayangan video pembelajaran yang diawali dengan memberi salam, memberi motivasi, menanyakan kabar, mengingatkan tentang menjaga imunitas dan menerapkan protokol kesehatan;
  2. Mengingatkan kebersihan di lingkungan sekitar tempat belajar siswa agar nyaman dan mendukung suasana belajar;
  3. Mengingatkan siswa untuk mengisi daftar hadir melalui link Google Form;
  4. Guru mengajak berdoa bersama.

Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca teks carpon yang sudah dibagikan di grup Whatsapp atau di deskripsi video pembelajaran;
  2. Guru dan siswa bersama-sama mengidentifikasi unsur intrinsik carpon “Runtah”;
  3. Guru memberikan tugas melalui Google Classroom kepada siswa untuk mengidentifikasi unsur intrinsik carpon “Taraweh”.

Kegiatan Penutup

  1. Setelah menyimak video pembelajaran, siswa diharapkan memeriksa kembali kebersihan di lingkungan sekitar dan selalu menerapkan protokol kesehatan;
  2. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa bersama;
  3. Setelah selesai pembelajaran siswa dapat mengemukakan hasil belajar dengan mengirimkan tugas pada batas waktu yang ditentukan.

 

C.      PENILAIAN

  1. Penilaian sikap: penilaian diri;
  2. Penilaian pengetahuan: teknik penilaian tertulis (GC);
  3. Penilaian keterampilan: produk mengidentifikasi unsur intrinsik.

 

Note:

 *KBM saat itu dilakukan secara daring dikarenakan isu Covid-19 yang mengharuskan sekolah ditutup sementara.

*Contoh RPP diatas menerapkan beberapa media pembelajaran, seperti video pembelejaran carita pondok yang diunggah melalui Youtube, Google Form sebagai sarana mengisi daftar kehadiran siswa, dan Whatsapp sebagai ruang untuk diskusi dan saling bertukar pendapat.

*Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar pada kenyataannya tidak harus benar-benar hanya satu lembar, hal ini tergantung dari pihak sekolah juga apakah ada aturan yang sangat rigid maka semuanya harus berjalan secara perfeksionis. Sisanya dikembalikan kepada masing-masing guru untuk menentukan dan merancang perencaan dengan ringkas, padat, dan jelas.

*Perbedaan daerah atau lokasi sekolah serta zona yang dialami termasuk salah satu faktor penentu bagaimana penerapan RPP apakah sistemnya daring atau luring, pembelajaran jarak jarak atau pembelajaran dalam kelas seperti biasa.

No comments: